KELEBIHAN & KEKURANGAN JEJARING SOSIAL

Sabtu, 09 Februari 2013

KELEBIHAN JEJARING SOSIAL :
1.     Anak dan remaja dapat belajar mengembangkan ketrampilan teknis dan sosial yang sangat dibutuhkan di era digital seperti sekarang ini. Mereka akan belajar beradaptasi, bersosialisasi dengan public.
2.     Dapat berinteraksi dengan teman lama yang jaraknya cukup jauh dan bisa menjalin tali silaturahmi.
3.     Bisa mendapatkan informasi yang actual sepeti arus lalu lintas, diskon belanjaan, reuni sekolah / kuliah, tempat makanan yang enak, dll.
4.     Bisa mengecek keberadaan teman kita yang menggunakan jejaring social tsb.
5.     Bisa jadi ajang promosi.
6.     Menambah ilmu pengetahuan atau wawasan.
KEKURANGAN JEJARING SOSIAL :
1.      Anak akan menjadi malas belajar.
2.      Situs jejaring sosial akan membuat anak dan remaja lebih mementingkan diri sendiri. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan di sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet. Hal ini dapat mengakibatkan menjadi kurang berempati di dunia nyata.
3.     Bagi anak dan remaja, tidak ada aturan ejaan dan tata bahasa di situs jejaring sosial. Hal ini membuat mereka semakin sulit untuk membedakan antara berkomunikasi di situs jejaring sosial dan di dunia nyata.
4.      Bisa disalahgunakan bagi seseorang untuk melakukan kejahatan.
5.     Banyak orang yang labil untuk mencari cinta sejatinya tapi malah kesandung. Misal, ada seorang cewek yang kenalan sama seorang cowok dan terjadilah proses kenalan, sampai – sampai cewek tersebut mau di ajak lari.
6.     Kemunculan situs jejaring sosial ini menyebabkan interaksi interpersonal secara tatap muka (face-to-face) cenderung menurun.
7.     Dalam kadar yang berlebihan, situs jejaring sosial ini secara tidak langsung membawa dampak negatif, seperti kecanduan (addiksi) yang berlebihan dan terganggunya privasi seseorang.

2 komentar:

  1. Unknown mengatakan...:

    your blog is verry well.. W.O.W

  1. Unknown mengatakan...:

    oh, thanks broo :))

Posting Komentar